Selasa, 06 Mei 2014

Manusia Dan Pandangan Hidup


Kata Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin, Pujisyukur kami panjatkankehadiratTuhan Yang MahaEsa, yang telahmelimpahkanrahmat, taufiksertahidayahnya. Sehingga kami dapatmenyelesaikanmakalah yang berjudul “ManusiadanPandanganHidup”. Pembuatanmakalahinidisusununtukmenambahpengetahuanmahasiswadanmahasiswidalammenerimamatakuliah “IlmuBudayaDasar” danbagaimanacaramempelajarimaterilebihdalam.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.                                                  .

Depok, April 2014

Penyususn









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 
BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
1.2 Tujuan Penulisan 
1.3 Rumusan Masalah 
BAB II PEMBAHASAN 
2.1 Pandangan Hidup  
2.1.1 Pengertian Pandangan Hidup 
2.1.2 Unsur-Unsur Pandangan Hidup 
2.2 Hubungan Manusia dengan Pandangan Hidup 
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 
3.1 Kesimpulan 
DAFTAR PUSTAKA 


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan yang paling tinggi derajatnya. Dikarenakan manusia memiliki akal, pikiran dan rasa. Ketika kekayaan manusia inilah yang membuat manusia disebut sebagai khalifah di bumi ini. Tuntukan hidup manusia lebih dari pada tuntutan hidup makhluk lainnya yang membuat manusia berfikir lebih maju untuk memenuhi kebutuhan atau hajat hidupnya di dunia, baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup.
Setiap manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda mengelompokkan pandangan hidup yang berdeda-beda akan menciptakan paham atau aliran. Pandangan hidup tidak terlepas dari masalah nilai dalam kehidupan manusia. Jadi pandangan terhadap hidup ini adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia.
1.2 Tujuan Penulisan
Agar dapat memahami maksud dan arti mengenai manusia dan pandangan hidup
1.3 Rumusan Masalah

1.3.1 Apa yang dimaksud dengan pandangan hidup?
1.3.2 Bagaimana kaitannya pandangan hidup dengan manusia?  


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pandangan Hidup
2.1.1 Pengertian Pandangan Hidup
Pandanganhidupmemilkiartisebagaikompasdalammenetukanarahhidupsetiapmanusia, pedomanmanusiadalambertingkahlaku, pendirianmanusiadalammempertahankanprinsipdanpendapatataspolapikirmanusiadalammenilaidanmemandangsegalabentuk yang terciptadalamsemesta. Dengandemikianpandanganhidupitubukanlahtimbulseketikaataudalamwaktu   yang   singkatsaja, melainkanmelalui   proses waktu yang lama  danterusmenems, sehinggahasilpemikiranitudapatdiujikenyataannya. Hasilpemikiranitudapatditerimaolehakal, sehinggadiakuikebenarannya. Atasdasarinimanusiamenerimahasilpemikiranitusebagaipegangan,   pedoman,   arahan,   ataupetunjuk_yangdisebutpandanganhidup
  Dalam dunia nyata manusia terkadang mempunyai pandangan hidup yang saling menimbulkan perpecahan akibat perbedaan pandangan hidup yang mereka miliki. Hal ini terjadi tentu saja karena adanya beberapa faktor yang membuat seseorang mempertahankan pendangan hidupnya sendiri tanpa mempedulikan orang lain.
          Ada berbagai macam bentuk pandangan hidup yang dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pandangan hidup yang berasal dari Agama. Pandangan hidup ini merupakan mutlak adanya sesuai dengan apa yang diajarkannya di dalam Agama yang dianutnya. Didalam bentuk ajaran Islam pedoman hidup merupakan suatu Iman, yang merupakan pandangan dan sikap hidup dengan ajaran Allah (Al-Quran) menurut sunnah Rasul-Nya.
2.1.2 Unsur-unsur Pandangan Hidup
Pandangan hidup memiliki beberapa unsur yang diantaranya adalah :
1.     Cita-cita
Cita-cita merupakan suatu keinginan yang akan di capai atau di tuju dalam jangka waktu yang direncanakan. Cita-cita biasa juga disebut dengan angan-angan, kemauan, keinginan atau harapan.
 2.     Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan adalah suatu perbuatan, tingkah laku, sikap yang dianggap sesuai dengan norma dan nilai yang ada pada masyarakat dan bermanfaat.

3.     Sikap Hidup
Sikap hidup adalah keadaan hati dalam menghadapi suatu keadaan. Sikap dapat dibentuk dan dirubah sesuai dengan kondisi dan lingkungan sekitar.
2.2 Hubungan Manusia dengan Pandangan Hidup
Hubungan manusia dengan pandangan hidup sangat erat kaitannya karena manusia sangat membutuhkan pandangan hidup supaya mereka mendapatkan tujuan dari hidup mereka, pandangan hidup akan menjadi tiang besar di dalam diri setiap manusia. Manusia adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dengan kesempurnaannya dapat memiliki akal dan pikiran, serta hati yang membentuk karakter manusia yang terbentuk dari 3 unsur, yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu. Ketiganya harus berjalan secara seimbang dan saling mengendalikan satu sama lain untuk menjadikan manusia itu memiliki karakter yang baik. Manusia harus dapat berpikir kritis dan ilmiah untuk menentukan masa depannya dengan menjadikan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, manusia harus mengerti apa arti dari pandangan hidup itu sebenarnya supaya mereka tidak terjerumus pada hal-hal yang bersifat negatif. Pandangan hidup adalah sikap yang paling mendasar yang dimiliki oleh manusia dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di dalam kehidupannya, pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, sebagai petunjuk kehidupan di dunia.
1. Pandangan hidup dapat dibedakan menjadi 3, berdasarkan jenisnya :
• Pandangan hidup dari agama : Kebenarannya bersifat mutlak.
• Pandangan hidup dari ideologi : Berasal dari kebudayaan dan norma yang terdapat di wilayah atau di negara sendiri.
• Pandangan hidup dari proses merenung : Kebenarannya bersifat relatif.

2. Pandanganhidupberdasarkanasalnyayaituterdiridari 3 macam :
• Pandanganhidup yang berasaldariagama
• Pandanganhidup yang berupa ideology
• Pandanganhiduphasilrenungan
Pandangan hidup tersebut berbeda dengan cita-cita, cita-cita adalah suatu angan-angan yang ingin sekali kita capai dengan usaha dan kepercayaan diri kita untuk dapat mencapainya.


BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
Pandanganhidupmerupakanpandanganseseorangterhadapkehidupannya. Setiap orang memilikipandanganhidup yang berdeda-bedadanmelahirkansuatupaham. Wujudpandanganhidupmanusiaberkaitandengancita-cita, kebajikan, dansikaphidup. Setiapmanusiajugapastimemilikipandanganhidupuntukmencapaikehidupan yang sejahtera, baiksebagaipedomandalamhidupnya, peganganataupunpetunjukhidupnya.
Makaseorang manusiaharus memegang teguh pandangan hidup yang dimilikinya agar dalam kehidupannya selalu melakukan kebajikandandalamsetiapperbuatan, manusiaharusmemahamietika yang berlakudalammasyarakat. Sehinggakehidupandalammemasyarakatmenjaditenangdantentram.






DAFTAR PUSTAKA

http://www.slideshare.net/Oki16/pandangan-hidup-26754694
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab8-manusia_dan_pandangan_hidup.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar