Minggu, 04 Mei 2014

Manusia dan Cinta Kasih



DAFTAR ISI....................................................................................................  1

BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................  2
            1.1 Latar Belaakang..........................................................................  2
1.2 Rumusan Masalah            ......................................................................  2
1.3 Maksud dan Tujuan....................................................................  2

BAB II PEMBAHASAN...................................................................................   3
            2.1 Pengertian Manusia...................................................................  3
            2.2 Pengertian Cinta........................................................................   3
            2.3 Pengertian Cinta dan Kasih........................................................  4

BAB IV PENUTUP.........................................................................................    5
            3.1 Kesimpulan................................................................................   5

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................   5


BAB I PENDAHULUAN




1.1 Latar Belakang

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaaan
seseorang. Cinta juga bisa dikatakan sebuah aksi atau kegiatan aktif yang di lakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu dan lain lain .

1.2 Rumusan Masalah

1.       Apakah pengertian manusia?
2.       Apakah pengertian Cinta?


1.3 Maksud dan Tujuan

1.       Untuk mengetahui apa itu cinta
2.       Untuk mengetahui apa itu manusia
3.       Untuk mengetahui apa itu cinta kasih



BAB II PEMBAHASAN


2.1 Pengertian manusia

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti “manusia yang tahu”), sebuah spesies primata dari golongan mamaliayang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalamagama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakatmajemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.
Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.
Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.
Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, mata; bentuk hidung; tinggi badan), afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/kepercayaan XYZ, warga negara XYZ, anggota partai XYZ), hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat, keluarga jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; teman; musuh) dan lain sebagainya.

2.2 Pengertian Cinta

                Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.
Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
·         Perasaan terhadap keluarga
·         Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
·         Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
·         Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
·         Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
·         Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
·         Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
·         Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme


2.3   Pengertian Cinta Kasih


Dr Sarlito W. Sarwono berpendapat bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu:

a.      Keterikatan: Adanya perasaan untuk hanya bersama seseorang yang kita cintaiatau kita kasihi, segala prioritas hanya untuk dia, tidak mau pergi dengan oranglain kecuali dengan dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikitbeli oleh-oleh untuk dia.

b.      Keintiman: Adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkanbahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilanformal seperti bapak, Ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil namaatau panggilan sayang dan sebagainya. Makan dan minum dari satu piring-cangkirtanpa rasa risih ataupun jengah, pinjam meminjam baju, saling memakai uangtanpa rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan lainnya.


c.       Kemesraan: Adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa rindu jika jauh ataulama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan suasana-suasana yang menimbulkan rasa romantis.Lalu menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cintaadalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangatkasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang ataucinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasihhampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasihdapat diartikan.


BAB III PENUTUP


3.1   Kesimpulan

1.       Manusia itu tidak bisa di pisahkan dengan cinta karen setiap manusia memiliki perasaan
2.       Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi




DAFTAR PUSTAKA



               

               





Tidak ada komentar:

Posting Komentar