Minggu, 12 Januari 2014

Wawancara Dengan Tukang Bakso


Saya                 : Permisi Mas saya ada tugas kuliah untuk wawancara, boleh minta waktu sebentar untuk di wawancara?

Mas Joko        : Iya de silakan.


Saya                : Makasih mas. Pertama saya mau tanya mas lulusan apa dan tahun berapa    mas?
Mas Joko        : Saya hanya lulusan SMA pada tahun 1988.


Saya                : Oh, trus knp Mas ga lanjut kuliah?


Mas Joko        : Kepengennya sih gitu de tapi ga ada biaya.


Saya                 : Lalu kapan mas pindah ke Bekasi?


Mas Joko        : Pertama kali saya pindah ke sini tahun 2005  


Saya                : Sebelum pindah kesini mas tingal dimana?


Mas Joko        : Sebelum saya tinggal disini saya tinggal di Solo karena asalnya saya juga dari Solo


Saya                : Jadi asalnya mas ini asli Solo ya, lalu pada tahun berapa mas nikah?


Mas Joko         : Saya nikah tahun 1995, dan sampai sekarang saya sudah mempunyai dua anak.


Saya                : Pertama kali mas dagang bakso ini , berapa modal yang mas gunakan?


Mas Joko        : Modal pertama yang dipakai 1 jt, itu pun saya minjam duit sama teman.


Saya                : Oh, jadi seperti itu awalnya, lalu di pakai buat apa aja modal 1 jt itu mas?


Mas Joko        : Modalnya dipakai untuk membuat gerobak ,kira-kira habis 600rb, dan sisanya untuk membeli bahan bahan untuk membuat bakso.


Saya                : Trus kemana saja mas berjualan bakso?


Mas Joko        : Saya hanya keliling keliling perumahan terdekat saja.


Saya                : Jam berapa tuh mas keluarnya kalo jualan bakso, dan sampe jam berapa?


Mas Joko        : Ya saya mulai kekliling habis asar, kalo sampai jam berapa itu tergantung sampe baksonya habis saja.


Saya                : Jadi gitu ceritanya , kalau boleh tahu pendapatan mas perharinya berapa ya?

Mas Joko        : Perharinya saya mendapat kira kira 50-100rb.


Saya                : wah lumayan juga ya.


Mas Joko        : ya ,alhamdullilah saya bersyukur kepada Allah SWT. sudah di kasih rezeki.


Saya                : saya lihat sekarang mas sudah nambah gerobak lagi dan juga sudah mempunyai tempat sendiri?


Mas Joko        : ya ni, sekali lagi saya bersyukur, sudah di beri rezeki oleh Allah SWT.


Saya                : Mas punya berpa pegawai dan gerobak baru, sekarang ini.?


Mas Joko        : Saya sudah mempunyai 3 gerobak dan 5 pegawai baru, 3 untuk keliling dan 2 lagi untuk bantu bantu saya, lumayan lah memperbesar penghasilan.


Saya                : haha bisa aja mas, sekarang berapa kira-kira pendapatan mas dari seluruh pegawai dan mas sendiri dari hasil berdagang bakso?


Mas Joko        : kira-kira hasil yang saya dapat dari berjualan bakso sekarang, bisa mencapai kurang lebih 1.500.000rb


Saya                : wuh , lumayan ya mas, terus berapa anda gaji pegawainya ?


Mas Joko       : saya beri gaji pegawai 30% dari dia berdagang sendiri.


Saya                : dari hasil yang anda dapat dari berdagang bakso tersebut, apa saja yang sudah anda beli ?


Mas Joko        : Alhamdulillah saya, sudah membeli rumah yang saya inginkan, walaupun ga gede gede banget dan juga motor


Saya                : wah, hebat ya si mas ini, hehe. Lalu apa mas akan membuat cabang bakso lagi di tempat lain?


Mas Joko        : Ya kalo itu sih saya memang ada niat untuk membuka cabang di tempat lain, dan sekarang sedang mencari tempat yang pas.


Saya                : Oh begitu, ya semoga jualan baksonya tambah sukses, tambah banyak cabang di tempat lainnya ya mas.


Mas Joko        : Amin, makasih de buat do’a nya.


Saya                : Ya udah mas mungkin cukup buat wawancaranya, makasih buat waktunya


Mas Joko        : Sama sama de, semoga ade juga sukses buat kulianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar